Now Hiring: Are you a driven and motivated 1st Line IT Support Engineer?

Office Hours: 08:00am-6:00pm

 
Call Anytime 24/7
 
Mail Us For Support
Kota Depok

Menguasai Desain Grafis: 10 Tips dan Trik Profesional

Tips dan Trik Desain Grafis Profesional

Sumber : Fiverr

Jika Anda seorang desainer grafis pemula atau non-desainer yang ingin membuat desain, Anda akan terlihat lebih profesional dan lebih baik. Anda harus mengikuti 10 tips desain mudah ini yang akan membuat proyek Anda terlihat jauh lebih baik hanya dengan menerapkan perubahan ini, semoga tips ini bermanfaat dan terapkan dalam ide desain Anda berikutnya.

Gunakan Ruang Putih

Ruang putih adalah elemen kunci untuk setiap tata letak desain, yang akan membantu proyek desain Anda menghindari kehilangan pesan dengan memberikan fokus yang tepat pada elemen desain lainnya. Dapat berupa gambar atau teks, karena ruang putih berarti memberi ruang pada elemen desain Anda untuk bernafas.

White Space: Kekuatan Ruang Hampa untuk Menyampaikan Pesan yang Memukau 2024

Sumber : Blog Myskill

Tip desain grafis yang baik adalah memberi desain Anda lebih banyak ruang putih, dan ini akan membuatnya terlihat bersih, profesional, dan kontemporer. Sekaligus membantu Anda memusatkan perhatian pemirsa pada bagian tertentu dari desain.

Buat Papan Suasana Hati

Sebelum Anda membuat proyek desain grafis dan mulai mengerjakannya, Anda harus membuat papan suasana hati tempat Anda dapat menambahkan berbagai gambar, palet warna, dan elemen desain dan visual lainnya untuk memberi Anda inspirasi. Hal itu pun akan membantu Anda menggabungkan semua elemen ini menjadi satu konsep desain, yang nantinya dapat Anda terapkan pada proyek Anda.

3.300+ Papan Suasana Hati Ilustrasi, Grafik Vektor, & Clip Art Bebas  Royalti Terbaik - iStock

Sumber : iStock

Transformasikan Bisnismu dengan Desain Grafis Profesional dari DepokWebsite! Hubungi Kami Sekarang di +62 857 7612 5559 untuk Konsultasi Gratis!

Dengan membuat mood board, Anda mendapatkan kumpulan referensi yang berisi font, warna, dan gambar. Serta temukan persamaan elemen-elemen tersebut, yang nantinya dapat Anda terapkan pada proyek desain grafis Anda dengan menggunakan ide-ide kreatif tersebut sebagai inspirasi.

Gunakan Hirarki

Hirarki visual adalah elemen kunci yang harus diketahui oleh setiap desainer grafis cara menggunakannya, dan hierarki terdiri dari bagian paling penting dari proyek desain Anda, harus menjadi elemen pertama yang dilihat pemirsa sehingga menjadikannya fitur dominan desain Anda.

7 Prinsip Hierarki Visual untuk Desain yang Menarik - Glints Blog

Sumber : Glints

Jika Anda menjadikan bagian terpenting dari desain Anda sebagai titik fokus, desain Anda akan terlihat jauh lebih baik dan profesional saat Anda memusatkan perhatian pemirsa di tempat yang seharusnya. Anda dapat menerapkan hierarki visual dengan berbagai teknik dan elemen yang dapat Anda lihat pada prinsip hierarki visual pada panduan desain grafis.

Batasi Jumlah Tipografi

Menggunakan font yang berbeda dalam desain Anda bisa menjadi cara yang baik untuk membuat kontras font dan hierarki visual yang memusatkan perhatian pada bagian teks tertentu, namun Anda harus menjaga jumlah tipografi yang Anda gunakan dalam desain Anda untuk menghindari tekanan visual dan membuat Anda desain terlihat amatir.

Sumber : Bandung Design

Tip yang bagus adalah dengan menggunakan tiga atau lebih sedikit tipografi dalam desain Anda, pilih font tebal untuk judul yang dapat menarik perhatian pemirsa dengan mudah dan untuk teks isi gunakan font yang mudah dibaca yang akan meningkatkan keterbacaannya, dan jika Anda mau untuk membuat desain Anda terlihat lebih minimalis dan profesional, cukup pilih satu jenis huruf dan mainkan dengan bobot berbeda untuk menciptakan kontras dengan font tebal, teratur, dan ringan.

Istirahatlah

Jika Anda merasa bahwa proyek desain Anda tidak berjalan seperti yang Anda inginkan dan Anda mengalami hambatan kreatif, tip desain terbaik yang dapat saya berikan kepada Anda adalah beristirahat dan menyegarkan otak Anda dengan ide-ide baru.

5 Cara Sehat Mengisi Waktu Istirahat • ProSehat

Sumber : ProSehat

Jalan-jalan, pergi ke museum atau temukan inspirasi desain di postingan ini dan kembalilah ke proyek desain Anda dengan ide-ide baru dan istirahatlah dan Anda akan melihat hal-hal baru pada desain Anda yang akan membuatnya terlihat lebih baik karena Anda akan merasa lebih kreatif.

Bereksperimen dengan Gaya

Tip desain grafis ini sangat penting untuk jangka panjang, karena industri desain grafis selalu berkembang dan berubah, oleh karena itu Anda perlu mengikuti ritme ini dan tidak terpaku pada satu gaya karena karya Anda akan selalu terlihat serupa dan itu akan kehilangan perhatian.

Daripada hanya mengganti gaya tanpa konteks apa pun, cara yang baik untuk menjaga proyek desain Anda tetap kreatif dan kohesif dengan Anda adalah dengan bereksperimen dengan elemen baru di setiap proyek dan menambahkan fitur unik ke dalamnya sehingga transisi ini lebih lancar dan menjaga karya Anda selalu modern dan menarik.

Tetap Sederhana

Salah satu semboyan utama minimalis adalah “less is more” dan itulah tip desain berikutnya, gunakan gaya minimalis pada proyek desain Anda dengan menghilangkan elemen tambahan yang tidak memiliki fungsi penting pada tata letak desain Anda dengan tetap menjaga fokus sebenarnya. bagian penting darinya.

Dengan menghilangkan elemen dekoratif pada desain Anda, Anda akan mempertahankan fokus pemirsa pada bagian-bagian penting yang sebenarnya sehingga memberikan desain Anda estetika yang bersih dan minimalis sehingga terlihat lebih profesional. Cara yang baik untuk menerapkan tip desain ini adalah dengan menanyakan alasan kehadirannya pada setiap elemen proyek desain Anda dan hanya mempertahankan elemen yang memiliki alasan bagus.

Ciptakan Warna Pallet yang Harmonis

Warna adalah prinsip utama desain dan Anda harus menjaganya dalam proyek desain Anda, ciptakan palet warna yang harmonis menggunakan prinsip teori warna dan batasi jumlah warna yang akan Anda gunakan dalam desain Anda, ini akan membuat proyek Anda terlihat lebih harmonis dan kompak.

Dengan menggunakan palet warna yang harmonis dalam tata letak desain Anda, Anda dapat menyampaikan perasaan yang berbeda hanya dengan menggunakan psikologi warna pada saat yang sama Anda dapat memilih satu warna tertentu untuk menciptakan kontras dan memfokuskan perhatian pemirsa pada bagian itu hanya dengan menggunakan satu warna dan membuat desain Anda terlihat. lebih profesional.

Gunakan Kontras

Ada berbagai jenis kontras yang antara lain dapat berupa kontras tipografi, kontras ukuran, atau kontras warna dan Anda dapat menggunakannya untuk memfokuskan mata pemirsa ke area tertentu dari desain Anda dan membuat urutan yang harus diikuti dalam desain Anda adalah elemen terpenting. hal pertama yang dilihat pemirsa di tata letak Anda.

Jenis Kontras dalam Desain Grafis - Kreasi Presentasi

Sumber : Kreasi Presentasi

Tip desain grafis yang baik adalah latar belakang Anda gelap, gunakan warna terang untuk font atau elemen desain Anda di depan dan sebaliknya, ini akan membantu desain Anda terlihat lebih bersih dan harmonis.

Dapatkan Inspirasi Baru dan Terapkan Elemen Baru

Ketika Anda merasa bahwa proyek desain Anda terlihat sangat mirip satu sama lain atau sama, berhentilah, Anda perlu mengembangkan gaya Anda dan menerapkan elemen baru pada proyek Anda, itulah mengapa tip desain terakhir saya adalah selalu mencari desain grafis. inspirasi dan temukan ide, tren, atau elemen baru yang Anda sukai dan bereksperimenlah dengannya.

Tips dan Trik Desain Grafis Profesional

Tips dan Trik Profesional Menguasai Desain Grafis

Mitra PT WAN Teknologi Internasional

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *