Mengenali Lebih dalam SEO dan SEM Serta Perbedaan dan Persamaannya

Mengenali Lebih dalam SEO dan SEM Serta Perbedaan dan Persamaannya

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

SEO ataupun Search Engine Optimization merupakan upaya optimasi yang bertujuan buat memperoleh trafik besar dari hasil pencarian organik.

Tidak cuma menciptakan trafik organik yang besar, SEO pula menolong memperoleh tipe trafik yang pas cocok tujuan web Kamu. Tetapi, perihal ini cuma dapat dicapai apabila Kamu menjajaki aturan- aturan yang diterapkan oleh mesin pencari.

Taktik SEO memanglah terdapat banyak. Tetapi secara universal SEO itu sendiri dibedakan jadi 2 tipe, ialah SEO On- page serta SEO Off- page.

SEO On- page berfokus kepada faktor- faktor yang terdapat di dalam konten. Sebaliknya SEO Off- page ialah optimasi yang dicoba di luar konten ataupun web.

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

SEM ataupun Search Engine Marketing ialah strategi marketing berbayar yang bertujuan buat tingkatkan visibilitas web di hasil pencarian.

Di mana pemasang iklan memilah sebagian kata kunci yang berhubungan dengan produk yang dijual. Jadi, dikala terdapat orang yang mencari kata kunci tersebut, Google hendak menunjukkan hasil pencarian berbayar semacam itu.

Perbedaan SEO dan SEM

perbedaan dan persamaan SEO & SEM

Walaupun SEO dan SEM memiliki keterkaitan yang sangat tinggi dan berfungsi hampir secara beriringan, ternyata kedua hal ini tetap memiliki beberapa perbedaan, diantaranya:

1. Dalam penempatan pencarian SEM menyertakan penunjukan iklan, sementara SEO tidak

Dari hasil pencarian yang muncul sebagai hasil SEM atau SEO terlihat berbeda di SERP (Search Engine Result Page). Iklan berbayar yang menerima penempatan melalui taktik SEM sering diidentifikasi sebagai iklan yang misalnya muncul dengan ikon yang berada di sebelah penempatan, sedangkan hasil pencarian yang muncul sebagai hasil dari SEO organik tidak ditandai dengan cara tersebut.

2. Hasil pencarian SEM memiliki ekstensi iklan

Hasil pencarian SEO memiliki cuplikan unggulan. Saat membandingkan SEM dan SEO, Anda juga akan menemukan perbedaan tampilan hasil pencarian. Hasil penelusuran SEM dapat menyertakan ekstensi iklan yang dapat menambahkan tautan, nomor telepon, dan info tambahan. Di sisi lain, hasil SEO mungkin muncul dengan cuplikan unggulan di penelusuran.

3. Anda membayar setiap kali pengguna mengklik hasil SEM

Hal berbeda dengan SEO, karena Anda tidak membayar apapun saat pengguna mengklik hasil SEO. Hasil SEM adalah penempatan berbayar, dan brand Anda dikenai biaya setiap kali pengguna mengklik hasilnya. Oleh karena itu, Anda harus memiliki anggaran untuk terus menampilkan iklan SEM dan menggunakan bentuk pembuatan prospek PPC (Pay Per Click) ini . Di sisi lain, Anda tidak pernah dikenakan biaya saat pengguna mengklik hasil pencarian organik.

4. Hasil SEM ditampilkan kepada audiens target tertentu

Meskipun strategi SEO dan SEM yang sukses didorong oleh rencana untuk terhubung dengan audiens tertentu, Anda hanya dapat menentukan audiens target tersebut melalui SEM. Melalui SEM, Anda dapat bergantung pada penerbitnya dan memilih audiens seperti apa yang Anda inginkan untuk melihat hasil pencarian dengan menetapkan filter berdasarkan usia, lokasi, pendapatan, kebiasaan, dan lainnya. Melalui SEO, Anda tidak dapat secara spesifik memilih siapa yang akan melihat hasil pencarian Anda.

5. Dampak SEM langsung terasa

Dampak pada SEO membutuhkan waktu, namun pada strategi iklan berbayar SEM, Anda dapat mulai menampilkan hasil di depan audiens hanya dengan beberapa klik segera setelah Anda meluncurkan kampanye sehingga iklan mulai ditampilkan di SERP. Anda dapat mengaktifkan iklan kapan saja untuk meningkatkan visibilitas atau menonaktifkannya untuk berhenti tampil. Sebaliknya, SEO adalah sesuatu yang Anda peroleh dari waktu ke waktu dan biasanya dalam waktu yang lama. Diperlukan waktu berbulan-bulan untuk menerapkan strategi SEO sebelum brand mulai mendapat peringkat di mesin pencari.

6. SEM lebih baik untuk pengujian daripada SEO

Karena Anda dapat segera mematikan dan menghidupkan iklan berbayar SEM, strategi ini adalah strategi yang bagus untuk pengujian. Anda dapat dengan cepat merevisi teks iklan, menargetkan audiens baru, dan mengubah konten halaman arahan untuk menguji taktik baru Anda. Fleksibilitas ini memungkinkan Anda untuk segera melihat perbedaan dalam strategi. Anda tidak dapat melakukannya melalui SEO, karena akan memakan banyak waktu untuk membuat perubahan dan memantau perbedaan hasil.

7. SEO menambah nilai dari waktu ke waktu

Sementara SEM tidak. SEM hanya aktif selama Anda membayar agar hasil ditampilkan. Segera setelah Anda mematikan iklan, strategi SEM berakhir. SEO adalah kebalikannya. Strategi SEO tumbuh dan berkembang seiring waktu dan meninggalkan hasil yang bertahan lama.

Persamaan SEO dan SEM

perbedaan dan persamaan SEO & SEM

Meskipun ada beberapa perbedaan, SEO dan SEM ternyata ada kesamaan, lho. Oleh karena itu, orang-orang awam sering kebingungan membedakan dua strategi marketing ini. Apa saja kesamaan yang dimiliki SEO dan SEM?

1. Keduanya Membantu Website Muncul di Hasil Pencarian

Ini mungkin sangat jelas. Tujuan dari SEO dan SEM adalah untuk membantu website mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian pada kata kunci tertentu.

2. Keduanya Bertujuan untuk Meningkatkan Trafik

Baik SEO dan SEM dirancang untuk mengarahkan lebih banyak traffic ke website. Keduanya untuk mendapatkan visibilitas pada SERP (search engine result pages). Semakin tinggi visibilitas website maka traffic pun akan naik karena target audiens akan mengklik di hasil pencarian melalui Click Through Rate (CTR). CTR adalah persentase audiens yang mengklik halaman website yang mengklik iklan tertentu yang muncul di halaman website tersebut.

3. Keduanya Membutuhkan Pemahaman Audiens Agar Sukses

Agar strategi menggunakan SEO dan SEM berhasil, kamu harus memahami bagaimana target audiens dan bagaimana audiens bertindak. Caranya adalah dengan mengetahui segmentasi psikografis dan buyer personas seperti ciri fisik dan demografi (usia, jenis kelamin, gaya hidup dan lainnya). Dengan begitu, kamu bisa membuat konten yang relevan yang bisa menjadi solusi untuk target audiens.

4. Keduanya Memerlukan Riset Keyword yang Populer

Langkah pertama dalam menerapkan SEO dan SEM adalah dengan melakukan riset keyword untuk tahu keyword mana yang terbaik. Selain itu, Anda juga bisa tahu apakah website pesaing juga menargetkan keyword yang sama. Sehingga Anda bisa merencanakan strategi untuk berkompetisi dengan mereka.

5. Butuh Pengujian dan Pengoptimalan

Terakhir persamaan SEO dan SEM butuh pengujian dan pengoptimalan yang berkelanjutan yang tidak bisa dilakukan hanya dengan sekali percobaan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja SEO dan SEM.

jasa pembuatan website di depok

Melayani jasa pembuatan website, aplikasi webbased, aplikasi mobile apps android, ios, jasa seo, digital marketing, maintenance, desain grafis dan multimedia.

  Konsultasi Sekarang!